RUMUS-RUMUS FORMULA DALAM MICROSOFT EXCEL

Bonvisa Satu Hati

Untuk yang belum tau apa itu rumus dan fungsi excel klik Pengertian Contoh Fungsi Rumus Excel Lengkap Microsoft

Inilah :
1.        Fungsi VALUE 
       digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
       =VALUE(text)
2.        Fungsi FIND
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
       =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3.        Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
       =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4.        Fungsi REPLACE
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
       = REPLACE (…)
5.        Fungsi CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya  =CONCATENATE(text1,text2,…)
6.        Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
       =MAX(number1,number2,…)
7.        Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
8.        Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)

9.        Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text.
Rumusnya sangat simpel.
=LEFT(text)

10.    Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)

11.    Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:
=LEN(text)

12.    Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. penulisannya:
= UPPER(text)



13.    Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. penulisannya:
=LOWER(text)

14.    Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya:
=PROPER(text)
15.    Fungsi BAHTTEXT
       Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah.
       Penulisan :
       =TTEXT(…)
16.    Fungsi FACT
       Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :
       =FACT(…)
17.    Fungsi GCD
       Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :
       =GCD(number1, number2,…)
18.    Fungsi LN
       Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :
       =LN(number)
19.    Fungsi RAND
       Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan :
       =RAND(…)
20.    Fungsi CEILING
       Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisan :
       =CEILING(…)
21.    Fungsi SQRT
       Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan :
       =SQRT(…)
22.    Fungsi INT (number)
       Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :
       =INT(number)
23.    Fungsi CHAR
       Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka. Penulisan :
       Syntax
       =CHAR(number)
24.    Fungsi SUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

25.    Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)

26.    Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)

27.    Fungsi HLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

28.    Fungsi VLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

29.    Fungsi / Function COUNTIF :
digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total siswa yang remidi.

30.    Fungsi AND :
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR
dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
31.    Fungsi NOT :
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)


Yap, dengan bangga saya @devara_vieo share posting 31 rumus formula dan fungsi function contoh penjelasan dan definisi serta pengertian rumus fungsi pada microsoft excel tadi. Terima kasih atas kunjungannya dan dukung kami melalui kotak komentar blog blogger Boo Boo Wow dibawah serta SPONSOR kami. Be success !


: [] fx x <~ contoh contoh penjelasan fungsi function dan rumus rumus microsoft excel lengkap ringkasan materi TIK microsoft ms. ms EXCEL Excel  2003 Excel excel 2007 excel 2010 lengkap contoh contoh lengkap singkat rangkuman ringkasan materi TIK bab fungsi function formula lengkap pada mincrosoft ms. ms excel 2007 2010 contoh contoh penjelasan rumus rumus formula dan fungsi fungsi function microsoft ms excel 2007 2010 beserta penjelasan ringkasan lengkap rumus fungsi teks text rumus fungsi function tabel rumus formula recently used math trig trigonometri logical fungsi rumus logika finansial date and time ~> fx x [


Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf

Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf

Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf

Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan - Excel merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat laporan keuangan, rincian anggaran sampai hal-hal yang rumit seperti analisa kelayakan usaha dan sebagainya. Dalam penggunakan microsoft excel ini tentu tidak terlepas dari penggunaan rumus excel untuk memudahkan kita dalam menghitung angka-angka secara cepat dan Akurat. Kali ini Autada hanya akan memaparkan sedikit tentang rumus excel yang paling umum digunakan baik oleh mahasisawa, karyawan perusahaan atau bahkan pemilik perusahaan (wiraswasta). Rumus Excel dapat berfungsi jika terlebih dahulu diawali dengan tanda "=" (sama dengan), misalnya jika kita ingin menjumlahkan 5 + 5 maka didalam cell excel tersebut kita ketikkan "=5+5" lalu tekan Enter maka otomatis cell tersebut menunjukkan hasil penjumlahan tersebut yaitu "10" (Sepuluh). Begitu juga untuk rumus excel yang lainnya seperti perkalian dengan tanda "*" (bintang) Pengurangan dengan tanda "-" (minus), pembagian dengan tanda "/" (garis miring), penjumlahan (sum), pengecualian (if) dan lain sebagainya harus diawali dengan tanda "=" (sama dengan). Penjumlahan Excel Gambar 1. Penjumlahan dengan + Namun untuk rumus excel yang menggunakan huruf seperti sum, if, sumif, average, lookup dsb selain harus diawali dengan tanda "=" juga ditambahkan tanda buka kurung "(" setelah kata rumus excel, dan tutup kurung ")" untuk mengakhiri sumber data. Misalnya =SUM(A1:A5) Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 2. Penjumlahan keseluruhan dari awal sampai akhir Baiklah untuk mempersingkat waktu mari kita simak Rumus Microsoft Exel yang Paling Umum Digunakan: 1. Rumus Excel SUM (Penjumlahan) Penjumlahan dengan menggunakan excel selain bisa kita gunakan dengan + (plus) bisa juga kita gunakan rumus excel sum untuk menjumlahkan seluruh data dengan cepat. Dengan menggunakan sum maka Anda bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja misalnya spt gambar diatas, data mulai A1 sampai A5 maka yang dimasukkan hanya A1:A5 yang dipisahkan dengan tanda ":" (titik dua), namun jika Anda ingin memilih dengan hanya beberapa cell saja yang ingin dijumlahkan maka pisahkan dengan tanda ";" (titik koma), seperti gambar dibawah ini. Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 3. Penjumlahan dengan sum namun terlipilih TIPS: Cara mudah memilih cell yang ingin dijumlahkan adalah dengan tetap menekan Ctrl pada keyboard sambil meng-klik cell yang ingin dipilih, jika sudah selesai memilih cell kemudian lepas Ctrl pada keywoard. 2. Rumus Excel IF (Pengecualian) Rumus excel IF dipakai untuk menampilkan beberapa kemungkinan nilai atau hasil sesuai dengan kondisi tertentu. Bentuk Umum dari fungsi IF adalah: =IF(logical_test;[value if true];[value if false]) Adapun Cara menggunakan perhitungan dengan menggunakan rumus IF adalah: Tentukan kategori/ batasan untuk suatu kondisi dengan beberapa alternative kondisi. Contoh jika mahasiswa mempunyai nilai lebih besar dari 90 mendapat nilai A, jika nilai lebih besar dari 80 mendapat nilai B, jika nilai lebih besar dari 70 maka mendapat nilai C begitu seterusnya. penggunaan rumus excel IF Gambar 4. penggunaan rumus excel IF Dengan melihat gambar 4 diatas maka ketikkan di cell C2 seperti contoh dibawah ini: =IF(B2>=90;"A";IF(B2>=80;"B";IF(B2>=70;"C";""))) Rumus excel IF juga umum digunakan untuk menghilangkan pesan error pada cell yang kosong atau belum ada data sumbernya, misalnya jika kita membuat rumus =A1/B1 pada cell C1 sementara pada cell A1 atau B1 belum ada datanya maka biasanya cell C1 akan terlihat error seperti #DIV/0!, #N/A , #NAME dan lainnya. rumus excel error Gambar 5. rumus excel error Jadi untuk menghilangkan pesan error pada cell C1 tersebut maka kombinasikan rumus IF dengan rumus inti yang dimaksud diatas, jadi rumusnya menjadi: =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"") Keterangan: Rumus excel IF dapat juga digabungkan dengan beberapa rumus logika lainnya seperti OR, AND, NOT, dan sebagainya. contoh diatas kita menggunakan rumus OR. karena rumus IF merupakan rumus logika maka jika kita logikakan dengan kalimat lebih kurang begini: "jika A1 atau B1 lebih besar dari 0; maka berlaku rumus A1/B1; atau cell C1 tetap kosong tanda petik merupakan pembatas text pada rumus excel, jika ada dua tanda petik ("") maka itu berarti teks didalamnya kosong, jika hendak membuat kalimat bergabung dengan rumus excel maka gunakan tanda petik dua (""). misalnya menggunakan rumus diatas kita masukkan kata "kosong" maka =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"kosong" Tambahan rumus excel OR berguna untuk memilih dua atau lebih cell yang kita gunakan jadi jika cell A1 atau B1 ada yang kosong maka rumus inti tidak akan berfungsi Cara menggunakan rumus excel IF dalam keseharian Tujuan kita mempelajari rumus excel untuk memudahkan kita dalam kegiatan kita sehari-hari sehingga perlu kita terapkan rumus excel ini langsung untuk kebutuhan keseharian kita, seperti Laporan belanja harian, laporan keuangan usaha, rencana anggaran, maupun proposal keuangan, berikut kami berikan contoh rincian anggaran harian: rumus excel IF dalam keseharian Gambar 6. rumus excel IF dalam keseharian Contoh dengan melihat gambar diatas maka rumus yang digunakan pada cell D4 adalah: =IF(OR(B4>0; C4>0);(D2+SUM(B4:B4))-SUM(C4:C4);"") Sebenarnya ada beberapa rumus excel yang paling umum digunakan yang belum sempat kami jelaskan disini seperti SUMIF, COUNTIF, LOOKUP, dan lainnya. Namun dengan menguasai beberapa rumus dan logika diatas sudah cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/rumus-excel.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan - Excel merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat laporan keuangan, rincian anggaran sampai hal-hal yang rumit seperti analisa kelayakan usaha dan sebagainya. Dalam penggunakan microsoft excel ini tentu tidak terlepas dari penggunaan rumus excel untuk memudahkan kita dalam menghitung angka-angka secara cepat dan Akurat. Kali ini Autada hanya akan memaparkan sedikit tentang rumus excel yang paling umum digunakan baik oleh mahasisawa, karyawan perusahaan atau bahkan pemilik perusahaan (wiraswasta). Rumus Excel dapat berfungsi jika terlebih dahulu diawali dengan tanda "=" (sama dengan), misalnya jika kita ingin menjumlahkan 5 + 5 maka didalam cell excel tersebut kita ketikkan "=5+5" lalu tekan Enter maka otomatis cell tersebut menunjukkan hasil penjumlahan tersebut yaitu "10" (Sepuluh). Begitu juga untuk rumus excel yang lainnya seperti perkalian dengan tanda "*" (bintang) Pengurangan dengan tanda "-" (minus), pembagian dengan tanda "/" (garis miring), penjumlahan (sum), pengecualian (if) dan lain sebagainya harus diawali dengan tanda "=" (sama dengan). Penjumlahan Excel Gambar 1. Penjumlahan dengan + Namun untuk rumus excel yang menggunakan huruf seperti sum, if, sumif, average, lookup dsb selain harus diawali dengan tanda "=" juga ditambahkan tanda buka kurung "(" setelah kata rumus excel, dan tutup kurung ")" untuk mengakhiri sumber data. Misalnya =SUM(A1:A5) Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 2. Penjumlahan keseluruhan dari awal sampai akhir Baiklah untuk mempersingkat waktu mari kita simak Rumus Microsoft Exel yang Paling Umum Digunakan: 1. Rumus Excel SUM (Penjumlahan) Penjumlahan dengan menggunakan excel selain bisa kita gunakan dengan + (plus) bisa juga kita gunakan rumus excel sum untuk menjumlahkan seluruh data dengan cepat. Dengan menggunakan sum maka Anda bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja misalnya spt gambar diatas, data mulai A1 sampai A5 maka yang dimasukkan hanya A1:A5 yang dipisahkan dengan tanda ":" (titik dua), namun jika Anda ingin memilih dengan hanya beberapa cell saja yang ingin dijumlahkan maka pisahkan dengan tanda ";" (titik koma), seperti gambar dibawah ini. Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 3. Penjumlahan dengan sum namun terlipilih TIPS: Cara mudah memilih cell yang ingin dijumlahkan adalah dengan tetap menekan Ctrl pada keyboard sambil meng-klik cell yang ingin dipilih, jika sudah selesai memilih cell kemudian lepas Ctrl pada keywoard. 2. Rumus Excel IF (Pengecualian) Rumus excel IF dipakai untuk menampilkan beberapa kemungkinan nilai atau hasil sesuai dengan kondisi tertentu. Bentuk Umum dari fungsi IF adalah: =IF(logical_test;[value if true];[value if false]) Adapun Cara menggunakan perhitungan dengan menggunakan rumus IF adalah: Tentukan kategori/ batasan untuk suatu kondisi dengan beberapa alternative kondisi. Contoh jika mahasiswa mempunyai nilai lebih besar dari 90 mendapat nilai A, jika nilai lebih besar dari 80 mendapat nilai B, jika nilai lebih besar dari 70 maka mendapat nilai C begitu seterusnya. penggunaan rumus excel IF Gambar 4. penggunaan rumus excel IF Dengan melihat gambar 4 diatas maka ketikkan di cell C2 seperti contoh dibawah ini: =IF(B2>=90;"A";IF(B2>=80;"B";IF(B2>=70;"C";""))) Rumus excel IF juga umum digunakan untuk menghilangkan pesan error pada cell yang kosong atau belum ada data sumbernya, misalnya jika kita membuat rumus =A1/B1 pada cell C1 sementara pada cell A1 atau B1 belum ada datanya maka biasanya cell C1 akan terlihat error seperti #DIV/0!, #N/A , #NAME dan lainnya. rumus excel error Gambar 5. rumus excel error Jadi untuk menghilangkan pesan error pada cell C1 tersebut maka kombinasikan rumus IF dengan rumus inti yang dimaksud diatas, jadi rumusnya menjadi: =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"") Keterangan: Rumus excel IF dapat juga digabungkan dengan beberapa rumus logika lainnya seperti OR, AND, NOT, dan sebagainya. contoh diatas kita menggunakan rumus OR. karena rumus IF merupakan rumus logika maka jika kita logikakan dengan kalimat lebih kurang begini: "jika A1 atau B1 lebih besar dari 0; maka berlaku rumus A1/B1; atau cell C1 tetap kosong tanda petik merupakan pembatas text pada rumus excel, jika ada dua tanda petik ("") maka itu berarti teks didalamnya kosong, jika hendak membuat kalimat bergabung dengan rumus excel maka gunakan tanda petik dua (""). misalnya menggunakan rumus diatas kita masukkan kata "kosong" maka =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"kosong" Tambahan rumus excel OR berguna untuk memilih dua atau lebih cell yang kita gunakan jadi jika cell A1 atau B1 ada yang kosong maka rumus inti tidak akan berfungsi Cara menggunakan rumus excel IF dalam keseharian Tujuan kita mempelajari rumus excel untuk memudahkan kita dalam kegiatan kita sehari-hari sehingga perlu kita terapkan rumus excel ini langsung untuk kebutuhan keseharian kita, seperti Laporan belanja harian, laporan keuangan usaha, rencana anggaran, maupun proposal keuangan, berikut kami berikan contoh rincian anggaran harian: rumus excel IF dalam keseharian Gambar 6. rumus excel IF dalam keseharian Contoh dengan melihat gambar diatas maka rumus yang digunakan pada cell D4 adalah: =IF(OR(B4>0; C4>0);(D2+SUM(B4:B4))-SUM(C4:C4);"") Sebenarnya ada beberapa rumus excel yang paling umum digunakan yang belum sempat kami jelaskan disini seperti SUMIF, COUNTIF, LOOKUP, dan lainnya. Namun dengan menguasai beberapa rumus dan logika diatas sudah cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/rumus-excel.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan - Excel merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat laporan keuangan, rincian anggaran sampai hal-hal yang rumit seperti analisa kelayakan usaha dan sebagainya. Dalam penggunakan microsoft excel ini tentu tidak terlepas dari penggunaan rumus excel untuk memudahkan kita dalam menghitung angka-angka secara cepat dan Akurat. Kali ini Autada hanya akan memaparkan sedikit tentang rumus excel yang paling umum digunakan baik oleh mahasisawa, karyawan perusahaan atau bahkan pemilik perusahaan (wiraswasta). Rumus Excel dapat berfungsi jika terlebih dahulu diawali dengan tanda "=" (sama dengan), misalnya jika kita ingin menjumlahkan 5 + 5 maka didalam cell excel tersebut kita ketikkan "=5+5" lalu tekan Enter maka otomatis cell tersebut menunjukkan hasil penjumlahan tersebut yaitu "10" (Sepuluh). Begitu juga untuk rumus excel yang lainnya seperti perkalian dengan tanda "*" (bintang) Pengurangan dengan tanda "-" (minus), pembagian dengan tanda "/" (garis miring), penjumlahan (sum), pengecualian (if) dan lain sebagainya harus diawali dengan tanda "=" (sama dengan). Penjumlahan Excel Gambar 1. Penjumlahan dengan + Namun untuk rumus excel yang menggunakan huruf seperti sum, if, sumif, average, lookup dsb selain harus diawali dengan tanda "=" juga ditambahkan tanda buka kurung "(" setelah kata rumus excel, dan tutup kurung ")" untuk mengakhiri sumber data. Misalnya =SUM(A1:A5) Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 2. Penjumlahan keseluruhan dari awal sampai akhir Baiklah untuk mempersingkat waktu mari kita simak Rumus Microsoft Exel yang Paling Umum Digunakan: 1. Rumus Excel SUM (Penjumlahan) Penjumlahan dengan menggunakan excel selain bisa kita gunakan dengan + (plus) bisa juga kita gunakan rumus excel sum untuk menjumlahkan seluruh data dengan cepat. Dengan menggunakan sum maka Anda bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja misalnya spt gambar diatas, data mulai A1 sampai A5 maka yang dimasukkan hanya A1:A5 yang dipisahkan dengan tanda ":" (titik dua), namun jika Anda ingin memilih dengan hanya beberapa cell saja yang ingin dijumlahkan maka pisahkan dengan tanda ";" (titik koma), seperti gambar dibawah ini. Penjumlahan Excel rumus SUM Gambar 3. Penjumlahan dengan sum namun terlipilih TIPS: Cara mudah memilih cell yang ingin dijumlahkan adalah dengan tetap menekan Ctrl pada keyboard sambil meng-klik cell yang ingin dipilih, jika sudah selesai memilih cell kemudian lepas Ctrl pada keywoard. 2. Rumus Excel IF (Pengecualian) Rumus excel IF dipakai untuk menampilkan beberapa kemungkinan nilai atau hasil sesuai dengan kondisi tertentu. Bentuk Umum dari fungsi IF adalah: =IF(logical_test;[value if true];[value if false]) Adapun Cara menggunakan perhitungan dengan menggunakan rumus IF adalah: Tentukan kategori/ batasan untuk suatu kondisi dengan beberapa alternative kondisi. Contoh jika mahasiswa mempunyai nilai lebih besar dari 90 mendapat nilai A, jika nilai lebih besar dari 80 mendapat nilai B, jika nilai lebih besar dari 70 maka mendapat nilai C begitu seterusnya. penggunaan rumus excel IF Gambar 4. penggunaan rumus excel IF Dengan melihat gambar 4 diatas maka ketikkan di cell C2 seperti contoh dibawah ini: =IF(B2>=90;"A";IF(B2>=80;"B";IF(B2>=70;"C";""))) Rumus excel IF juga umum digunakan untuk menghilangkan pesan error pada cell yang kosong atau belum ada data sumbernya, misalnya jika kita membuat rumus =A1/B1 pada cell C1 sementara pada cell A1 atau B1 belum ada datanya maka biasanya cell C1 akan terlihat error seperti #DIV/0!, #N/A , #NAME dan lainnya. rumus excel error Gambar 5. rumus excel error Jadi untuk menghilangkan pesan error pada cell C1 tersebut maka kombinasikan rumus IF dengan rumus inti yang dimaksud diatas, jadi rumusnya menjadi: =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"") Keterangan: Rumus excel IF dapat juga digabungkan dengan beberapa rumus logika lainnya seperti OR, AND, NOT, dan sebagainya. contoh diatas kita menggunakan rumus OR. karena rumus IF merupakan rumus logika maka jika kita logikakan dengan kalimat lebih kurang begini: "jika A1 atau B1 lebih besar dari 0; maka berlaku rumus A1/B1; atau cell C1 tetap kosong tanda petik merupakan pembatas text pada rumus excel, jika ada dua tanda petik ("") maka itu berarti teks didalamnya kosong, jika hendak membuat kalimat bergabung dengan rumus excel maka gunakan tanda petik dua (""). misalnya menggunakan rumus diatas kita masukkan kata "kosong" maka =IF(OR(A1>0;B>0);A1/B1;"kosong" Tambahan rumus excel OR berguna untuk memilih dua atau lebih cell yang kita gunakan jadi jika cell A1 atau B1 ada yang kosong maka rumus inti tidak akan berfungsi Cara menggunakan rumus excel IF dalam keseharian Tujuan kita mempelajari rumus excel untuk memudahkan kita dalam kegiatan kita sehari-hari sehingga perlu kita terapkan rumus excel ini langsung untuk kebutuhan keseharian kita, seperti Laporan belanja harian, laporan keuangan usaha, rencana anggaran, maupun proposal keuangan, berikut kami berikan contoh rincian anggaran harian: rumus excel IF dalam keseharian Gambar 6. rumus excel IF dalam keseharian Contoh dengan melihat gambar diatas maka rumus yang digunakan pada cell D4 adalah: =IF(OR(B4>0; C4>0);(D2+SUM(B4:B4))-SUM(C4:C4);"") Sebenarnya ada beberapa rumus excel yang paling umum digunakan yang belum sempat kami jelaskan disini seperti SUMIF, COUNTIF, LOOKUP, dan lainnya. Namun dengan menguasai beberapa rumus dan logika diatas sudah cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/rumus-excel.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini

nakan untuk membuat laporan keuangan, rincian anggaran sampai hal-hal yang rumit seperti analisa kelayakan usaha dan sebagainya. Dalam penggunakan microsoft excel ini tentu tidak terlepas dari penggunaan rumus excel untuk memudahkan kita dalam menghitung angka-angka secara cepat dan Akurat. Kali ini Autada hanya akan me Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/rumus-excel.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
nakan untuk membuat laporan keuangan, rincian anggaran sampai hal-hal yang rumit seperti analisa kelayakan usaha dan sebagainya. Dalam penggunakan microsoft excel ini tentu tidak terlepas dari penggunaan rumus excel untuk memudahkan kita dalam menghitung angka-angka secara cepat dan Akurat. Kali ini Autada hanya akan me Sumber: http://blog.autada.com/2012/10/rumus-excel.html Copyright by www.autada.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini

Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf
Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf
Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat familiar bagi masyarakat. Microsoft Excel bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk pencatatan data penjualan, untuk lampiran laporan, dll. Dibawah ini adalah kumpulan rumus - rumus formula excel yang bisa gunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan dengan menggunakan excel. Untuk itu Pusat Informasi akan mengumumkan beberapa rumus excel yang biasa digunakan oleh orang-orang.
KUMPULAN RUMUS - RUMUS FORMULA EXCEL
* RUMUS UNTUK FUNGSI MATEMATIKA DAN STATISTIKA
* RUMUS UNTUK FUNGSI LOOKUP & REFERENSI
* RUMUS UNTUK LOGIKA
- See more at: http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/06/kumpulan-rumus-ms-excel-lengkap.html#sthash.AHBmdRuA.dpuf

0 comments "RUMUS-RUMUS FORMULA DALAM MICROSOFT EXCEL ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment