Cara Menghitung Umur, jumlah hari, bulan atau tahun Di Ms-Excel

Bonvisa Satu Hati



 
 

Ada permintaan teman saya tentang banagimana cara menghitung umur seseorang atau bisa juga menghitung jumlah hari,bulan dan tahun dari tanggal mulai bekerja sampai terakhir kerja dengan mengunakan ms excel.
Jika menghitung secara manual tentunya hal tersebut akan memakan waktu dan tenaga dan belum lagi human error yang bisa timbul dari penghitungan manual tersebut.
Lalu seringkali juga teman-teman saya menghitungnya dengan Excel dan menguranginya begitu saja. Jadi rumusnya =hari_ini – tanggal_lahir, hal ini terlihat benar tetapi hasilnya pun tidak akurat dan cenderung sulit dibaca.
saya menemukan satu gabungan rumus yang bisa menghitung berata hari atau bulan atau tahun. Kali ini saya akan menggunakan rumus DATEDIF. Pada dasarnya rumus ini akan menghitung selisih data tanggal dengan menggunakan format tertentu. Penggunaan DATEDIFF sebagai berikut: =DATEDIF(tanggal_awal;tanggal_akhir;”format”). Adapun format yang dikenali adalah:
Y: menghitung perbedaan dalam besaran tahun.
M: menghitung perbedaan dalam besaran bulan.
D: menghitung perbedaan dalam besaran hari.
YM: menghitung perbedaan dalam besaran bulan dan mengabaikan perhitungan tahun.
YD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan tahun.
MD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan bulan dan tahun.
Nah dengan penjelasan tersebut, tentunya kita sudah bisa membuat gabungan rumus yang bisa menghitung umur seseorang secara detail. Misalnya, kita akan menghitung umur teman kita dari tanggal lahirnya sampai dengan hari ini. Cell yang berisi data hari ini di now() tanggal hari ini atau bisa anda ubah tanggal akhir dan data tanggal kelahiran teman kita tersebut di cell C6, maka kita tinggal mengaplikasikan rumus tersebut dengan menulisnya seperti ini =DATEDIF(C4,NOW(),”Y”)&” Tahun, “&DATEDIF(C4,NOW(),”YM”)&” Bulan, “&DATEDIF(C4,NOW(),”MD”)&” hari”.
Dengan rumus itu, kita akan mendapat hasil dengan format seperti ini: 30 tahun, 6 bulan, 11 hari.
semoga bermanfaat…

Comments

Popular posts from this blog

Download GPS Offline Navitel Map Indonesia Android Full Crack

Aplikasi ArcView 3.3 - Aplikasi Untuk Membuat Peta dan Cara Menginstalnya

Manfaat dan Kerugian Mengunyah Permen Karet