simbol flowchart untuk pemrograman dan pengertiannya

Bonvisa Satu Hati


simbol flowchart untuk pemrograman dan pengertiannya


Flowchart atau sering disebut diagram alir adalah sebuah metode penggambaran alur dari logika yang kita terapkan pada sebuah algoritma, dengan digambarkan dengan sebuah diagram  dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan  aliran algoritma atau proses. 
Flowchart membuat urutan proses menjadi jelas dan sangat logis sehingga bisa memudahkan kita dalam merancang sebuah program, juga memerlukan penalaran logika yang rumit tetapi dengan menganalisa menggunakan flowchart, semuanya menjadi sangat logis dan masuk akal.
Tujuan Pembuatan Flowchart sebenarnya adalah menjelaskan cara kerja program yang kita buat bagi user agar lebih mudah dimengerti. Namun seiring berkembangnya waktu, flowchart kini digunakan untuk mengajari seseorang yang termasuk “pemula” dalam dunia programming untuk menguatkan logika mereka, diagram alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Alan B. Sterneckert (2003) dalam bukunya yang berjudul "Critical Incident Management "  menyarankan untuk membuat model flowchart atau diagram alir yang berbeda sesuai dengan prespektif pemakai (managers, system analysts and clerks) sehingga dikenal ada 4 jenis diagram alir secara umum: 
  • Diagram Alir Dokumen, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran dokumen.
  • Diagram Alir Data, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.
  • Diagram Alir Sistem, menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik.
  • Diagram Alir Program, menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.
 sebagian simbol pada umunya

0 comments "simbol flowchart untuk pemrograman dan pengertiannya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment